Standar Operasional Prosedur Perawatan Gips

Standar Operasional Prosedur Perawatan Gips
Nama                 :
NIM                  :

No.
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Ket
0
1
2

A
Persiapan Alat :





1.      Handscoon





2.      Baskom berisi air





3.      Rolls padding





4.      Gips





5.      Pengalas





6.      Handuk





7.      Sabun




B
Persiapan pasien :





Jelaskan prosedur dan tujuan pemasangan gips kepada klien, siapkan bagian tubuh yang akan dipasang gips




C
Persiapan lingkungan :





Mengatur lingkungan klien, menutup sampiran




D
Cara kerja





1.      Cuci Tangan





2.      Memakai handschoon





3.      Pemeriksa menempatkan diri disebelah kanan tempat tidur pasien





4.      Menjelaskan prosedur yang akan dilakukan





5.      Mengatur posisi klien





6.      Daerah yang akan dipasang gips dicukur bila perlu, dibersihkan, dan dicuci dengan sabun, kemudian dikeringkan dengan handuk.





  1. Sokong ekstremitas atau bagian tubuh yang akan di gips.





  1. Pasang padding pada bagian yang akan dipasang gips secara sirkuler





  1. Masukkan gips dalam baskom berisi air, rendam beberapa saat sampai gelembung-gelembung dari gips habis keluar. Selanjutnya, diperas untuk mengurangi jumlah air dalam gips.





  1. Pasang gips secara merata pada bagian tubuh, pembalutan gips secara melingkar mulai dari distal ke proksimal tidak terlalu kendur atau terlalu ketat. Pada waktu membalut, lakukan dengan gerakan berkesinambungan agar terjaga ketimpang tindihan lapisan gips. Dianjurkan dalam jarak yang tetap (kira-kira 50% dari lebar gips). Lakukan dengan gerakan yang berkesinambungan agar terjaga kontak yang konstan dengan bagian tubuh.





11.  Sokong gips selama pengerasan dan pengeringan dengan telapak tangan. Jangan diletakkan pada permukaan keras atau pada tepi yang tajam dan hindari tekanan pada gips.





12.  Melepas sarung tangan dan merapihkan pasien





13.  Membereskan alat-alat





14.  Mencuci tangan




D
Terminasi





1.      Menanyakan perasaan dan periksa kembali keadaan klien





2.      Melakukan kontrak untuk tindakan selanjutnya





3.      Mengakhiri kegiatan dengan salam





4.      Dokumentasi







Keterangan :
0 = tidak dilakukan
1 = dilakukan, tetapi kurang benar
2 = dilakukan dengan benar

....................... 20........
Pembimbing/Penguji


(________________)


Tidak ada komentar: