LEMBAR KUESIONER MANAJEMEN KEPERAWATAN FAKULTAS KEPERAWATAN UNAND DI RUANG HCU IRNA ANAK RSUP DR. M. DJAMIL PADANG



LEMBAR KUESIONER MANAJEMEN KEPERAWATAN
FAKULTAS KEPERAWATAN UNAND
DI RUANG HCU IRNA ANAK
RSUP DR. M. DJAMIL PADANG
Data Umum
  1. No. Responden                       :
  2. Umur                                       :
  3. Jenis kelamin                           :
  4. Pendidikan terakhir                 :
Petunjuk untuk mengisi lembaran observasi:
Ø  Beri tanda ceklist (√) pada pilihan yang dianggap paling benar.

OVERAN

  1. Pengetahuan
1.      Apa yang dimaksud dengan overan?
a.       Serah terima yang harus dilakukan oleh tenaga perawatan setiap pergantian dinas
b.      Pelaksanaan menganalisa masalah-masalah secara kritis
c.       Diskusi kelompok tentang berberapa aspek klinik
2.      Dibawah ini adalah tujuan dari overan
a.       Meningkatkan tanggung jawab perawat pada setiap tugas
b.      Memberi informasi mengenai tugas dokter
c.       Menganalisa dan menjabarkan alternatif pemecahan masalah
3.      Yang bukan termasuk kedalam pelaksanaan overan adalah.....
a.       Membaca laporan pasien pada jadwal dinas sebelumnya sebagai dasar untuk serah terima pasien
b.      Ruang diskusi diatur sehingga dapat tatap muka saat diskusi
c.       Karu atau katim mengunjungi seluruh pasien pada serah terima dengan katim shift dinas berikutnya
4.      Dibawah ini yang bukan merupakan komponen serah terima pasien adalah
a.       Kelengkapan status dan dokumentasi asuhan keperawatan
b.      Tindakan-tindakan keperawatan tertentu yang akan dilanjutkan
c.       Serah terima linen
5.      Persiapan perawat sebelum overran adalah
a.       Memberikan asuhan keperawatan secara langsung kepada pasien
b.      Membaca laporan pelayanan di ruang perawatan sebagai langkah awal mengenal kondisi pasien
c.       Memastikan dokter jaga pasien ada




C.    Pelaksanaan

OBSERVASI OVERAN

No
Tindakan yang Diobservasi
Tanggal :
Hari ke :
Ya
Tidak
Ya
Tidak
1
Mengadakan timbang terima/overan tepat pada saat pergantian shif




2
Timbang terima dipimpin oleh kepala ruangan/ketua tim




4
Karu atau katim mengunjungi seluruh pasien untuk timbang terima pasien dengan katim shift dinas selanjutnya




5
Memberi salam pada pasien atau keluarga dan memberi tahu perawat yang akan melaksanakan pelayanan pada tugas berikutnya




6
Pada saat timbang terima yang disampaikan: jumlah pasien, kelengkapan status dan dokumentasi asuhan keperawatan, kartu kendali, tingkat ketergantungan pasien, hari rawatan, tindakan keperawatan tertentu yang akan dilanjutkan, serta catatan pasien yang sedang berada diruang tindakan dan yang dalam proses pulang




8
Mempersiapkan




9
Timbang terima di kamar klien menggunakan suara yang cukup dan tidak didengar pasien disebelahnya dan menjaga privasi klien




10
Perawat menanyakan keluhan klien saat timbang terima




11
Hasil timbang terima didokumentasikan di buku timbang terima













B.     Sikap
Berilah tanda checklist (√) pada jawaban yang menurut Saudara paling tepat
No.
Pertanyaan
SS
S
TS
STS
1
Saya merasakan overan merupakan hal yang sangat penting




2
Saya merasa overan akan saya ikuti bila saya ada waktu




3
Saya merasa harus mengikuti overan tepat waktu




4
Saya merasa mengikuti overan sesuai dengan kesempatan saya




5
Saya merasa overan hanya sekedar formalitas yang tidak memiliki peran saat melaksanakan asuhan keperawatan




6
Saya merasa overan harus diikuti karena merupakan hal yang penting untuk memaksimalkan intervensi keperawatan yang saya berikan ke pasien





Keterangan :
SS        = Sangat Setuju
S          = Setuju
TS        = Tidak Setuju
STS     = Sangat Tidak Setuju




















LEMBAR KUESIONER MANAJEMEN KEPERAWATAN
FAKULTAS KEPERAWATAN UNAND
                                             DI RUANGAN HCU IRNA ANAK
RSUP DR. M. DJAMIL PADANG
Data Umum
1.        No. Responden                            :
2.        Umur                                            :
3.        Jenis kelamin                                :
4.        Pendidikan terakhir                      :
Petunjuk untuk mengisi lembaran observasi:
Ø  Beri tanda ceklist (√) pada pilihan yang dianggap paling benar.

PRECONFERENCE

A.    Pengetahuan
1.      Apakah yang dimaksud dengan preconference?
a.       Diskusi tentang aspek klinis sebelum melaksanakan asuhan keperawatan kepada pasien
b.      Diskusi tentang aspek klinis setelah melaksanakan asuhan keperawatan kepada pasien
c.       Diskusi tentang aspek klinis sebelum dan sesudah  melakukan asuhan keperawatan kepada pasien
2.      Berikut ini adalah tujuan dari preconference, kecuali ...
a.    Membantu untuk mengidentifikasi masalah-masalah pasien, merencanakan asuhan dan merencanakan evaluasi hasil
b.    Memberikan kesempatan untuk berdiskusi tentang keadaan pasien
c.     Untuk mendiskusikan penyelesaian masalah dan membandingkan masalah yang dijumpai
3.      Siapakah yang terlibat dalam preconference?
a.    Katim dan karu
b.    Karu dan perawat pelaksana
c.    Karu, Katim dan perawat pelaksana
4.      Berapakah waktu yang efektif dalam pelaksanaan preconference?
a.       10 – 15 menit
b.      Kurang dari 10 menit
c.       Lebih dari 15 menit
5.      Topik yang dibicarakan dalam preconference adalah...
a.    Tentang keadaan pasien, perencanaan dan tindakan keperawatan
b.    Tentang keadaan pasien, dan perencanaan
c.    Hanya tentang tindakan keperawatan



B.     Sikap

Berilah tanda checklist (v) pada jawaban yang menurut saudara paling tepat

No.
Pertanyaan
SS
S
TS
STS
1
Saya merasakan preconference merupakan hal yang sangat penting




2
Saya merasa preconference akan saya ikuti bila saya ada waktu




3
Saya merasa harus mengikuti preconference tepat waktu




4
Saya merasa mengikuti preconference sesuai dengan kesempatan saya




5
Saya merasa preconference hanya sekedar formalitas yang tidak memiliki peran saat melaksanakan asuhan keperawatan




6
Saya merasa preconference harus diikuti karena merupakan hal yang penting untuk memaksimalkan intervensi keperawatan yang saya berikan ke pasien




Keterangan :
SS        = Sangat Setuju
S          = Setuju
TS        = Tidak Setuju
STS     = Sangat Tidak Setuju


















C.    Pelaksanaan
OBSERVASI PRE CONFERENCE


No
Tindakan yang Diobservasi
Tanggal :
Hari ke :
Ya
Tidak
Ya
Tidak
1
Ka Ru menyampaikan jumlah pasien serta klasifikasi pasien berdasarkan tingkat ketergantungan




2
Ka Ru membagi tugas kepada  masing-masing tim




3
Ka Tim membagi tugas kepada masing-masing PA




4
Ka Tim membacakan diagnosa keperawatan masing-masing pasien




5
Ka Tim membacakan intervensi keperawatan yang akan dilakukan kepada setiap pasien




6
Ka Ru mengarahkan dan memotivasi staf keperawatan dalam melaksanakan tugas

























LEMBAR KUESIONER MANAJEMEN KEPERAWATAN
FAKULTAS KEPERAWATAN UNAND
DI RUANGAN HCU IRNA ANAK
RSUP DR. M. DJAMIL PADANG
Data Umum
1.      No. Responden                       :
2.      Umur                                       :
  1. Jenis kelamin                           :
  2. Pendidikan terakhir                 :
Petunjuk untuk mengisi lembaran observasi:
Ø  Beri tanda ceklist (√) pada pilihan yang dianggap paling benar.

POST CONFERENCE

A.    Pengetahuan
1.      Apakah yang dimaksud dengan Postconference?
a.    Diskusi tentang aspek klinis sebelum melaksanakan asuhan keperawatan kepada pasien
b.    Diskusi tentang aspek klinis setelah melaksanakan asuhan keperawatan kepada pasien
c.    Diskusi tentang aspek klinis sebelum dan sesudah  melakukan asuhan keperawatan kepada pasien
2.      Berikut ini adalah tujuan dari postconference, kecuali ...
a.         Membantu untuk mengidentifikasi masalah-masalah pasien, merencanakan asuhan dan merencanakan evaluasi hasil
b.        Memberikan kesempatan untuk berdiskusi tentang keadaan pasien
c.         Untuk mendiskusikan penyelesaian masalah dan membandingkan masalah yang dijumpai
3.      Siapakah yang terlibat dalam postconference?
a.         Katim dan karu
b.        Karu dan perawat pelaksana
c.         Karu, Katim dan perawat pelaksana
4.      Berapakah waktu yang efektif dalam pelaksanaan postconference?
a.       10 – 15 menit
b.      Kurang dari 10 menit
c.       Lebih dari 15 menit
5.      Topik yang dibicarakan dalam postconference adalah...
a.         Tentang keadaan pasien, perencanaan dan tindakan keperawatan
b.        Tentang keadaan pasien, dan perencanaan
c.         Hanya tentang tindakan keperawatan


B.     Sikap

Berilah tanda checklist (v) pada jawaban yang menurut saudara paling tepat

No.
Pertanyaan
SS
S
TS
STS
1
Saya merasakan post conference merupakan hal yang sangat penting




2
Saya merasa post conference akan saya ikuti bila saya ada waktu




3
Saya merasa harus mengikuti post conference tepat waktu




4
Saya merasa mengikuti post conference sesuai dengan kesempatan saya




5
Saya merasa post conference hanya sekedar formalitas yang tidak memiliki peran saat melaksanakan asuhan keperawatan




6
Saya merasa post conference harus diikuti karena merupakan hal yang penting untuk memaksimalkan intervensi keperawatan yang saya berikan ke pasien





Keterangan :
SS        = Sangat Setuju
S          = Setuju
TS        = Tidak Setuju
STS     = Sangat Tidak Setuju














C.    Pelaksanaan
OBSERVASI POST CONFERENCE


No
Tindakan yang Diobservasi
Tanggal :
Hari ke :
Ya
Tidak
Ya
Tidak
1
Ka Ru melaporkan jumlah pasien




2
Ka Ru meminta laporan evaluasi asuhan keperawatan dari masing-masing tim




3
Ka Tim melaporkan evaluasi dan rencana tindak lanjut yang akan dilakukan untuk perawat dinas shift selanjutnya




4
Ka Ru bersama Ka Tim dan PA mencari solusi terhadap permasalahan yang ditemui selama pemberian pelayanan keperawatan





























KUESIONER MANAJEMEN KEPERAWATAN
FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS
DI RUANGAN BOUGENVILLE IRNA E AMBUN PAGI
RSUP DR. M. DJAMIL PADANG
Data Umum
1.    No. Responden                       :
2.    Umur                                       :
3.    Jenis kelamin                           :
4.    Pendidikan terakhir                 :
5.    Lama bekerja                          
-          Di rumah sakit                   :a) 0-5 th  b) 6-10 th  c) 11-15 th  d) >15 th
-          Di ruang Kelas I Bedah    : a) 0-5 th  b) 6-10 th  c) 11-15 th  d) >15 th

Petunjuk untuk mengisi lembaran kuesioner:
Ø  Beri tanda silang pada jawaban yang saudara anggap paling benar.
Ø  Isilah kuesioner dengan jujur dan tepat, jawaban ini bermanfaat untuk memaksimalkan pelaksanaan asuhan keperawatan kepada klien di Ruang HCU IRNA Anak dan jawaban yang saudara berikan terjaga kerahasiannya dan tidak mempengaruhi Asuhan keperawatan yang akan di lakukan.


Daftar Pertanyaan:
Pendokumentasian Asuhan Keperawatan
  1. Pengetahuan
1.      Apakah yang dimaksud dengan pendokumentasian asuhan keperawatan....
a.       Segala sesuatu yang ditulis atau tercetak yang dapat diandalkan sebagai catatan tentang bukti bagi perawat yang berwenang dalam asuhan keperawatan
b.      Catatan yang ditulis oleh perawat
c.       Bukti-bukti dari tindakan yang dilakukan
d.      Semuanya benar
2.      Yang bukan merupakan tujuan pendokumentasian adalah...
a.       Sebagai alat komunikasi antar anggota tim kesehatan
b.      Sebagai dokumen untuk memperlihatkan rincian biaya yang harus dibayar oleh klien untuk pelayan yang telah diberikan oleh lembaga perawatan kesehatan
c.       Sebagai informasi untuk mempelajari penyakit dan respon klien terhadap penyakit tersebut
d.      Memenuhi tugas sebagai perawat
3.      Data apa sajakah yang perlu didokumentasikan....
a.       Pengkajian klien dari masuk sampai pulang
b.      Data dasar, pengkajian, diagnosa medis, daftar masalah klien, tindakan medis, diagnosa keperawatan, perencanaan keperawatan, tindakan keperawatan, catatan perkembangan
c.       Tindakan apa saja yang dilakukan pada pasien
d.      Pengkajian biopsikososiospiritual, intervensi, implementasi, evaluasi

4.      Apa manfaat pendokumentasian....
a.       Aspek legal
b.      Memudahkan administrasi
c.       Pedoman pemberian askep
d.      A dan C benar
5.      Apakah yang perlu disiapkan dalam kegiatan pendokumentasian...
a.       Format pengkajian
b.      Format implementasi dan evaluasi
c.       Format renpra
d.      Semuanya dilakukan
6.      Apa hubungan antara kelengkapan pendokumentasian status dengan kualitas pemberian asuhan keperawatan....
a.       Kelengkapan pendokumentasian status menunjukkan tingkat kualitas pemberian asuhan keperawatan
b.      Pendokumentasian status tidak mempengaruhi tingkat kualitas pemberian asuhan keperawatan
c.       Kelengkapan pendokumentasian status belum tentu menunjukkan pemberian asuhan keperawatan yang profesional
d.      Tidak ada hubungannya
7.      Kapan pendokumentasian asuhan keperawatan dilakukan...
a.       Pada klien kritis saja
b.      Pada tindakkan kolaborasi
c.       Setiap tindakan yang dilakukan pada klien
d.      Semua salah
8.      Apa saja hal yang harus diperhatikan dalam pendokumentasian asuhan keperawatan.....
a.       Informasi klien dan perawatan yang diberikan harus berdasarkan fakta
b.      Catatan harus akurat
c.       Informasi yang dicatatkan harus singkat, tentang perawatan klin
d.      Semuanya benar
9.      Apakah pendokumentasian asuhan keperawatan harus dilakukan secara berkelanjutan?
a.       Ya
b.      Tidak
10.  Apakah saudara mengalami kendala dalam melakukan pendokumentasian asuhan keperawatan yang telah dilakukan....
a.       Ya
b.      Tidak




  1. Sikap

Berilah tanda checklist (v) pada jawaban yang menurut saudara paling tepat

No.
Pertanyaan
SS
S
TS
STS
1
Menurut Saya pendokumentasikan asuhan keperawatan  diberikan kepada klien sesuai dengan format yang ada




2
penuliskan pengkajian harus sesuai format yang tersedian




3
Saya menganggap penulisan rencana keperawatan harus sesuai dengan diagnosa yang ditemukan




4
implementasi yang dilakukan harus sesuai intervensi yang ada




5
evaluasi tidak harus dilakukan terhadap tindakan keperawatan yang telah saya lakukan




6
Pendokumentasian keperawatan menurut saya tidak ada hambatan




Keterangan :
SS        = Sangat Setuju
S          = Setuju
TS        = Tidak Setuju
STS     = Sangat Tidak Setuju

  1. Observasi
No
Tindakan yang Diobservasi
Tanggal :
Hari ke :
Ya
Tidak
Ya
Tidak
1
Perawat melakukan pengkajianlengkap pada pasien baru masuk ruangan Bougenville ambun pagi




2
Perawat menentukan diagnosa keperawatan berdasarkan hasil pengkajian




3
Perawat menentukan rencana tindakan yang akan dilakukan berdasarkan diagnosa prioritas




4
Perawat melakukanpendokumentasian dari tindakan yang telah dilakukan




5
Pendokumentasian catatan keperawatan klien yang diberikan berkelanjutan oleh shif berikutnya







Tidak ada komentar: