KETEGANGAN PERAN PEMBERI ASUHAN



KETEGANGAN PERAN PEMBERI ASUHAN
(Kesulitan menampilkan peran pemberi asuhan keluarga)

Fasilitas Yankes

No. Register

Nama Perawat yang mengkaji

Tanggal Pengkajian


1.       DATA KELUARGA
Nama Kepala Keluarga

Bahasa sehari-hari

Alamat Rumah & Telp

Jarak Yankes terdekat

Agama & Suku

Alat Transportasi


2.       DATA ANGGOTA KELUARGA
NO
Nama
Hub dgn
KK
Umur
JK
Suku
Pendidikan
Terakhir
Pekerjaan
Saat Ini
Status Gizi (TB,
BB, BMI)
TTV (TD,
N, S, P)
Status Imunisasi
Dasar (Balita)
Alat Bantu/
Protesa












































































































LANJUTAN
NO
Nama
Penampilan Umum
Status Kesehatan Saat Ini
Riwayat Penyakit/ Alergi
Analisis Masalah Kesehatan






































































3.       DATA PENUNJANG KELUARGA
Sanitasi Lingkungan
Tipe Rumah:
Permanen/tidak permanen*…………………………….
Ventilasi :  Cukup/Kurang*…………………………………………
Pencahayaan Rumah :
Baik/Tidak*…………………………………………….
Saluran Buang Limbah :
Baik/Cukup/Kurang*…………………………………..
Sumber Air Bersih :     Sehat/Tidaksehat*……………………………………..
Jamban Memenuhi Syarat :
Ya/Tidak*………………………………………………
Tempat Sampah Tertutup :
Ya/Tidak*………………………………………………
Rasio Luas Bangunan Rumah dengan Jumlah Anggota Kleuarga
8m2/orang : Ya/Tidak*…………………………………
PHBS Di Rumah Tangga
 Persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan :  Ya/Tidak*
 Member ASI ekslusif : Ya/Tidak
 Menimbang balita tiap bln :  Ya/Tidak*
 Mengunakan air bersih untuk makan & minum: Ya /Tidak
 Menggunakan air bersih untuk kebersihan diri:  Ya/Tidak*
 Mencuci tangan dengan air bersih & sabun: Ya/Tidak*
 Tersedia tempat pembuangan sampah: Ya/Tidak*
 Menjaga lingkungan rumah tampak bersih:  Ya/Tidak*
 Mengkonsumsi lauk dan pauk tiap hari: Ya/Tidak*
 Mengunakan jamban sehat: Ya/Tidak*
 Memberantas jentik di rumah sekali seminggu: Ya/Tidak*
 Makan buah dan sayur setiap hari: Ya/Tidak*
 Melakukan aktivitas fisik setiap hari: Ya/Tidak*
 Tidak merokok di dalam rumah: Ya/Tidak*


4.       KEMAMPUAN KELUARGA MELAKUKAN TUGAS PEMELIHARAAN KESEHATAN ANGGOTA KELUARGANYA
  • Adakah anggota keluarga yang mengalami masalah kesehatan atau sakit saat ini: Tidak  Ada, yaitu…………………….
  • Apakah ada anggota keluarga yang pernah terkena masalah kesehatan yang sama dengan pasien sebelumnya: Tidak Ya….
  • Siapa yang membantu jika ada anggota keluarga yang menderita sakit: Semua anggota  Hanya ibu Lainnya……………
  • Adakah perhatian keluarga kepada anggota keluarga yang menderita ketika sakit: Ada Tidak ada, sebab……………….
  • Apakah keluarga mengetahui masalah kesehatan yang dialami pasien: Ya  Tidak, sebab………………………………..
  • Apakah keluarga mengetahui penyebab masalah kesehatan yang dialami pasien: Ya  Tidak, sebab……………………..
  • Apakah keluarga mengetahui tanda dan gejala masalah kesehatan yang dialami pasien: Ya  Tidak, sebab………………
  • Apakah keluarga mengetahui akibat maslah kesehatan yang dialami pasien bila tidak diobati/dirawat: Ya Tidak
  • Pada siapa keluarga bisa menggali informasi tentang masalah kesehatan keluarganya: Keluarga Tetangga Kader Tenaga kesehatan, yaitu………………………
  • Keyakinan keluarga tentang masalah kesehatan tersebut: Tidak perlu ditangani karena akan sembuh sendiri biasanya Perlu berobat ke fasilitas yankes  Tidak terpikir sebab…………………..
  • Apakah keluarga melakukan upaya peningkatan kesehatan anggota secara aktif: Ya  Tidak, jelaskan………………….
  • Apakah keluarga mengetahui kebutuhan pengobatan masalah kesehatan yang dialami pasien: Ya  Tidak……………
  • Apakah keluarga dapat melakukan cara merawat anggota keluarga dengan masalah kesehatan yang dialami pasien: Ya Tidak, yaitu…………………..
  • Apakah keluarga dapat melakukan pencegahan masalah kesehatan yang dialami pasien: Ya  Tidak, sebab……………..
  • Apakah keluarga mampu memelihara atau memodifikasi lingkungan yang mendukung kesehatan anggota keluarga yang mengalami maslah kesehatan: Ya  Tidak, sebab…………………………….
  • Apakah keluarga mampu menggali dan memanfaatkan sumber di masyarakat untuk mengatasi masalah kesehatan pada anggota keluarganya: Ya Tidak, sebab………………………………


1.    ASKEP KELUARGA
a.       PENGKAJIAN
NO
BATASAN KARAKTERISTIK
PENGKAJIAN
KETERANGAN
1.
Aktivitas pengasuhan
-          kesulitan menampilkan/menyelesaikan kewajiban atau tugas yang dibutuhkan
-          kesenangan dengan rutinitas perawatan
-          keprihatinan terhadap kesehatan penerima asuhan dan kemampuan pemberi asuhan untuk menyediakan layanan atau perawatan; nasib penerima asuhan jika pemberi asuhan sakit atau meninggal; atau kemungkinan lembaga tempat penerima asuhan


2.
Status kesehatan  pemberi asuhan
-          Gangguan sistem gastrointestinal
-          Hipertensi
-          Penyakit kardiovaskular
-          Diabetes
-          Kelemahan
-          Sakit kepala


3.
Emosional
-          Kerusakan koping individu
-          Depresi
-          Gangguan tidur
-          Marah
-          Peningkatan kecemasan dan emosi labil


4.
Sosialekonomi
-          Menarik diri dari kehidupan social
-          Perubahan dalam aktivitas waktu luang
-          Produktivitas kerja yang rendah
-          Penolakan pengembangan karir


5.
Hubungan pemberi asuhan dan yang diberi asuhan
-          Kesedihan mengenai perubahan hubungan dengan penerima asuhan
-          Kesulitan melihat pengalaman penyakit dari penerima asuhan



b.       INTERVENSI DAN IMPLEMENTASI
NO
INTERVENSI
RASIONAL
K1
K2
K3
K4
K5
K6
KETERANGAN
1
Bantu  Pemberi asuhan untuk mengidentifikasi stressor terkini
Untuk mengidentifikasi penyebab ketegangan peran







2
Gunakan pendekatan yang tidak menghakimi, bantu  Pemberi asuhan mengevaluasi stressor yang dapat dan tidak dapat dikontrol untuk memulai mengembangkan strategi-strategi
Untuk mengurangi stress







3
Dorong  Pemberi asuhan untuk mendiskusikan kemampuan koping yang digunakan untuk mengatasi kondisi stress yang sama di masa lalu
Untuk membangun kepercayaan agar mampu mengatur situasi yang sama







4
Bantu pemberi asuhan mengidentifikasi sumber dukungan informal, seperti anggota keluarga, teman, teman di tempat ibadah dan relawan dalam komunitas
Untuk menyediakan sumber/pemberi asuhan untuk memperoleh    jadwal istirahat sekali-kali atau secara teratur







5
Bantu pemberi asuhan mengidentifikasi pelayanan dukungan formal yang tersedia seperti pekerja sosial rumah sakit, psikolog, klinik, dll
Untuk meningkatkan koping dengan menyediakan struktur yang sesuai untuk dukungan







6
Sarankan pemberi asuhan untuk menggunakan waktu lebih efektif
Mengatur waktu yang lebih baik bisa membantu pemberi asuhan mengurangi stress








TANDA TANGAN KELUARGA









c.        EVALUASI
NO
KRITERIA HASIL
K1
K2
K3
K4
K5
K6
KETERANGAN
1
Pemberi asuhan mengidentifikasi dan mengembangkan penilaian realistis untuk masing-masing kondisi stres.







2
Pemberi asuhan mendiskripsikan respon emosional untuk masing-masing situasi stress.







3
Pemberi asuhan mengidentifikasi sumber dukungan.







4
Pemberi asuhan menggunakan sitem dukungan yang tersedia.







5
Pemberi asuhan menggunakan kemampuan koping yang sesuai dalam masing-masing situasi stres.








d.       TINGKAT KEMANDIRIAN KELUARGA
NO
TINGKAT KEMANDIRIAN
TK1
TK2
TK3
TK4
TK5
TK6
KETERANGAN
1
Menerima petugas puskesmas







2
Menerima yankes sesuai rencana







3
Menyesuaikan masalah kesehatan secaara benar







4
Memanfaatkan faskes sesuai anjuran







5
Melaksanakan perawatan sederhana sesuai anjuran







6
Melaksanakan tindakan pencegahan secara aktif







7
Melaksanakan tindakan promotif secara aktif








CATATAN
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Padang,………………



Nama:
NIP:

Tidak ada komentar: