BAB V Penilaian Kinerja Puskesmas (PKP)


BAB V
PENUTUP

A.   Kesimpulan
Puskesmas Pangkalan Kasai telah melaksanakan penilaian kinerja tahun 2010 dengan hasil sebagai berikut :
1.      Kinerja cakupan yankes dgn nilai 95 % termasuk kategori kinerja Baik
2.      Kinerja kegiatan manajemen Puskesmas dgn nilai 100 % ( 10 ) termasuk kategori kinerja : Baik
3.      Kinerja mutu yankes dgn nilai 100 % ( 10 ) Termasuk kategori kinerja : Baik
4.      Dengan melihat gambaran diatas hasil kinerja Puskesmas Pangkalan Kasai tahun 2010 dapat dikategorikan perjenis kegiatan sebagai berikut :
a.       Kategori Kinerja Baik
1)      Promosi Kesehatan
2)      Kesehatan Lingkungan
3)      Kesehatan Ibu & Anak Termasuk KB
4)      Perbaikan Gizi Masyarakat
5)      Upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Menular
6)      Pengobatan
7)      Kesehatan Usia Lanjut
8)      Kesehatan Mata
9)      Pencegahan & Penanggulangan Penyakit Gigi
10)  Perkesmas
b.      Kategori Kinerja Kurang
1)      Rawat Inap
2)      Kesehatan Jiwa

B.     Saran dan Usul
1.     Bimbingan Teknis dari Dinas Kesehatan Kabupaten lebih diaktifkan.
2.     Meningkatkan kerjasama lintas program dan lintas sektor serta berbagai upaya untuk lebih meningkatkan partisipasi masyarakat. dan kerjasama dengan lembaga swadaya masyarakat.
3.     Diharapkan untuk tahun – tahun ke depan, masing – masing program dapat meningkatkan hasil kinerjanya, terutama untuk program – program yang hasil pencapaian kegiatannya masih di bawah target sasaran.
4.     Untuk lebih meningkatkan kualiatas pelayanan dan mengantisipasi segala dampak pembangunan perlu dibuat terobosan baru dalam menanggulangi dan menghadapi masalah – masalah baru yang timbul.
5.     Sumber daya kesehatan perlu terus ditingkatkan baik kualitas maupun kuantitas serta disesuaikan dengan kemajuan IPTEK dan tuntutan era globalisasi.

BAB IV Penilaian Kinerja Puskesmas (PKP)

BAB IV
ANALISIS HASIL KINERJA

A.   Perbandingan Hasil Kinerja Tahun 2009 dengan Tahun 2010
1. Hasil  Kinerja  Upaya  Kesehatan  Wajib  Dan  Upaya Kesehatan Pengembangan

NO
Upaya Kesehatan Wajib
Pencapaian
Trend
Tahun 2009
Tahun 2010
1
Promkes



2
Kesling



3
KIA & KB



4
Gizi



5
P2M



6
Pengobatan




Sub Total



No
Upaya Kesehatan Pengembangan



1
Rawat Inap



2
Lansia



3
Mata



4
Keswa



5 6
Gilut Perkesmas




Sub Total



Hasil Kinerja Cakupan Yankes








2. Hasil Kinerja Kegiatan Manajemen Puskesmas

NO
Manajemen
Pencapaian
Trend
Tahun 2009
Tahun 2010
1
Manajemen Operasional



2
Manajemen Alat & Obat



3
Manajemen Keuangan



4
Manajemen Ketenagaan



Hasil Kinerja Kegiatan



Manajemen Puskesmas











3. Hasil Kinerja Mutu Pelayanan Kesehatan

NO
Jenis Kegiatan
Pencapaian
Trend




Tahun 2009
Tahun 2010


1.
Persalinan oleh Nakes



2.
Penanganan komplikasi obstetri atau resti



3.
Error rate pemeriksaan BTA



4.
Error rate pemeriksaan darah malaria



5.
Kepatuhan  thp   standar ANC



6.
Kepatuhan thp standar pemeriksaan TB Paru



7.
Tingkat kepuasan pasien thp pelayanan Puskesmas



8.
Kepatuhan Thd Standar Imunisasi



9.
Kepatuhan Thd Standar Diare



10.
11.
Kepatuhan Thd Standar Ispa
Kepatuhan Thd  Standar Penyeliaan



Hasil Kinerja Mutu Puskesmas






4.   Hasil Kinerja Puskesmas Per Jenis Kinerja / Kegiatan

NO
Jenis Kegiatan
Pencapaian
Trend
Tahun 2009
Tahun 2010
1
Cakupan         Pelayanan Kesehatan



2
Manajemen Puskesmas



3
Mutu               Pelayanan Kesehatan







B.   Identifikasi Masalah Dan Alternatif Pemecahan Masalah
Dengan    melihat    gambaran    diatas    hasil    kinerja    Puskesmas Banjarangkan II tahun 2008 dapat dikategorikan perjenis kegiatan sbb :
  1. Kategori Kinerja Baik
a.       Promosi Kesehatan
b.      Kesehatan Lingkungan
c.       Kesehatan Ibu & Anak Termasuk KB
d.      Perbaikan Gizi Masyarakat
e.       Upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Menular
f.       Pengobatan
g.      Kesehatan Usia Lanjut
h.      Kesehatan Mata
i.        Pencegahan & Penanggulangan Penyakit Gigi
j.        Perkesmas
2.      Kategori Kinerja Cukup
Tidak Ada
3.      Kategori Kinerja Kurang
a.      Rawat Inap
b.     Kesehatan Jiwa

Selanjutnya akan dibahas jenis kegiatan yg termasuk kategori kinerja kurang dengan menentukan penyebab melalui penelusursan variabel & sub variabel :
  1. Rawat Inap dengan nilai 45 %, Permasalahan :
a.       Belum   tersebar   luasnya   informasi   tentang fasilitas rawat    inap    khusus    bersalin    di Puskemas Pangkalan Kasai
b.      Bidan   yang   melaksanakan   praktek   swasta banyak.
c.       Jarak  RSUD  Indrasari  dengan  Puskesmas Pangkalan Kasai dekat
d.      Tenaga pelaksana untuk rawat inap terbatas
e.       Kerjasama    dengan    petugas    pustu    belum maksimal (petugas   pustu juga  melakukan praktek bidan pada sore hari)
·     Alternatif Pemecahan Masalah
a.       Membuat  brosur  /  leafleat  tentang  fasilitas rawat inap disebarkan keseluruh masyarakat.
b.       Merangkul  sasaran  Bumil  sejak  ANC  agar persalinannya      berlanjut      di      Puskesmas Pangkalan Kasai
c.        Tenaga    pelaksana    khususnya    bidan    agar ditambah.
d.       Menjalin   kerjasama   dengan   petugas   pustu untuk ikut berperan aktif.
e.        Menjalin Kerjasama dengan Aparat Desa, agar Aparat Desa  Menyebar  luaskan  keberadaan Rawat Inap Puskesmas Pangkalan Kasai.
  1. Kesehatan Jiwa dengan nilai 55% Permasalahan :
a.       Pemahaman masyarakat tentang gangguan jiwa masih kurang
b.        Perencanaan dari petugas kurang iii.  Kunjungan dari Dokter RSJ  Bangli baru 4 bulan.
·Alternatif Pemecahan Masalah
a.       Sosialisasikan   ke   pustu   (petugas)   dan pemegang  program  terkait  untuk  lebih  giat melakukan penyuluhan tentang gangguan jiwa ke masyarakat.
b.       Petugas lebih meningkatkan kinerja dalam hal perencanaan, pelaksanaan , dan evaluasi.
c.        Petugas melakukan kunjungan rumah dan memotivasi masyarakat agar  segera memeriksakan keluarganya bila ada yang menderita gangguan jiwa
d.       Kerjasama antara Dinas Kesehatan Kab. Klungkung dengan RSJ Tampan lebih ditingkatkan.