PRE PLANNING PENYULUHAN DAN DEMONSTRASI CUCI TANGAN YANG BENAR DI TK NEGERI PEMBINA P.REBA


A.   Latar Belakang
                 Sehubungan dengan hasil pengkajian komunitas kepada anak usia kanak-kanak  yang telah dilaksanakan Mahasiswa Akademi Kesehatan Dinas Kesehatan Propinsi Riau di TK  Pembina pada tanggal 11 juli 2011 didapatkan hasil bahwa dari 46 anak sekolah 26 diantaranya mengalami masalah  kebersihan . dan hasil wawancara kapada beberapa anak sekolah bahwa mereka tidak mencuci tangannya menggunakan sabun setelah bermain, BAB, makan. Untuk itu perlu diberikan penyuluhan tentang cara mencuci tangan yang benar.
                 Dari hasil kesepakatan bersama guru pengajar di TK PEMBINA P.reba bahwa pada tanggal 12 juli  2011 diadakan penyuluhan dan demonstrasi tentang mencuci tangan yang benar dengan menggunakan sabun. 

B.   Proses Keperawatan Komunitas
       1.  Tujuan Umum
                     Setelah mengikuti penyuluhan dan demonstrasi kesehatan, anak-anak  mampu mengetahui tentang cara mencuci tangan yang benar.
      
 2.    Tujuan Khusus
                     Setelah mengikuti penyuluhan dan demonstrasi kesehatan, kanak-kanak TK PEMBINA P.Reba mampu :
            a.  Menyebutkan pengertian cuci tangan yang benar
            b.  Menyebutkan alasan harus mencuci tangan yang benar
            c.  Menyebutkan waktu mencuci tangan yang benar
            d.  Menyebutkan cara cuci tangan yang benar
            e.  Menyebutkan penyakit yang dapat dicegah dengan cuci tangan yang  benar
            f.  Mempraktikkan cara cuci tangan yang benar
C.   Pelaksanaan Kegiatan
       1.  Topik atau Judul Kegiatan
            Penyuluhan dan demonstrasi tentang cuci tangan yang benar.
       2.  Sasaran atau Target
            Kanak-kanak TK NEGERI PEMBINA P.Reba.
       3.  Metode
            a)  Ceramah
            b)  Praktek
            b)  Tanya Jawab
       4.  Media dan Alat
            a)  Infocus
            b)  Leaflet
        5.  Waktu dan Tempat
            Hari/Tanggal               :    Selasa, 12 juli 2011.
            Waktu                         :    08.30 s.d 09.30 WIB
            Tempat                        :    Di lapangan TK PEMBINA P.Reba
6.    Setting Tempat
                   Keterangan :
                            :    Moderator                                                          :          
                            :    Presenter
                            :    Fasilitator

                            :    Anak-anak
                            :    Observer
 
       7.  Susunan Kegiatan
No.
Acara
Metode
Waktu
1.
2.
3.
4.
5.
Pembukaan
Persentasi
Demonstrasi
Tanya jawab
Penutup
Ceramah
Ceramah
Praktek
Diskusi
Ceramah
5 menit
10 menit
15 menit
10 menit
5 menit

D.   Uraian Tugas
       Persiapan 
a.    Penanggung Jawab     :    febri arda suryadi
Tugas                          :    Mengkoordinir acara
b.    Moderator                   :    Ika fitria sari
Tugas                          :    1)  Membuka acara
                                        2)  Menyampaikan tujuan
                                        3)  Kontrak waktu pelaksanaan
                                        4)  Memimpin jalannya kegiatan
c.    Presenter                     :    Anggun Sasmi
Tugas                          :    1)  Memberikan penyuluhan
                                        2)  Mempraktekkan bahan penyulahan
d.   Observer                     :    Meta Afriani
Tugas                         :    1)  Mengamati jalannya kegiatan
                                       2)  Menyimpulkan hasil kegiatan
e.    Fasilitator                    :    Ardianto
                                        Aprilyoni dwi wulandari
                                        Bambang irawan
                                        Dwi santoso
                                        Elisa afrida
                                         holidin
                                        Herlina
M.Asmariansyah

E.   Evaluasi Kegiatan
       1.  Evaluasi Struktur
            a.  100 % Anak-anak TK  hadir
            b.  Tempat dan alat tersedia sesuai dengan acara
            c.  Peran dan tugas mahasiswa sesuai rencana
       2.  Evaluasi Proses
            a.  Pelaksanaan kegiatan sesuai dengan waktu yang direncanakan
            b.  Peserta berperan aktif dalam pertemuan
       3.  Evaluasi Hasil
            a.Anak-anak TK   mampu  menyebutkan pengertian cuci tangan yang    benar
            b.Anak –anak TK  mampu  menyebutkan alasan harus mencuci tangan yang benar
                     c.  Anak-anak TK  mampu  menyebutkan waktu mencuci tangan yang benar
            d.  Anak-anak TK  mampu  menyebutkan cara- cara cuci tangan yang benar
            e.  Anak-anak TK  mampu  menyebutkan penyakit yang dapat dicegah dengan cuci tangan yang benar
            f.  Anak-anak TK  mampu  mempraktikkan cara cuci tangan yang benar

MENCUCI TANGAN YANG BENAR

A.   Pengertian
                 Cuci tangan yang benar adalah salah satu tindakan kebersihan diri dengan membersihkan tangan dan jari menggunakan air sabun untuk membersihkan dari kuman-kuman penyakit

B.   Alasan Mencuci Tangan Dengan Sabun
       1.  Air bersih yang mengalir dapat membersihkan kotoran dan kuman
       2.  Sabun dapat membersihkan kotoran dan kuman karena tanpa sabun kotoran masih tertinggal ditangan
       3.  Air kotor banyak mengandung kuman dan bakteri penyakit

C.   Waktu Mencuci Tangan Yang Benar
       1.  Sebelum dan setelah makan
       2.  Sebelum memegang makanan
       3.  Setelah bermain dan berolahraga       
       4.  Setelah buang ingus
       5.  Setelah BAK dan BAB
       6.  Setelah menyentuh hewan peliharaan
       7.  Sebelum mengobati luka

 D.   Cara Mencuci Tangan Yang Benar
       1.  Basahkan rata kedua telapak tangan dengan air mengalir
       2.  Sabunkan sampai berbuih
       3.  Usapkan kedua telapak tangan hingga sabun benar-benar rata keseluruh telapak tangan
       4.  Ratakan sabun ke celah-celah jari.     
       5.  Bersihkan kuku jari dengan cara menggaruk-garuk jari ketelapak tangan
       6.  Bilas tangan dengan air mengalir hingga hilang semua sabun
       7.  Keringkan tangan menggunakan lap tangan

E.   Akibat Tidak Mencuci Tangan
       1.  Diare atau mencret
       2.  Infeksi cacing
       3.  Infeksi mata
       4.  Infeksi kulit

 
LAPORAN HASIL KEGIATAN PENYULUHAN DAN DEMONSTRASI KESEHATAN TENTANG CUCI TANGAN YANG BENAR
DI TK NEGERI PEMBINA P.REBA
1.    Tahap Persiapan
                 Tahap pesiapan dari kegiatan ini adalah pembuatan pre planning, persiapan  penyajian slide power point dan alat peraga, tempat dan alat-alat lainnya disiapkan oleh anggota kelompok sesuai dengan tanggung jawab masing-masing. Pemberitahuan penyuluhan dilakukan pada tanggal 11 juli 2011 kepada para guru dan anak-anak TK Pembina.
       Pembuatan slide power point dimulai pada hari senin,11 juli 2011setelah pre planning disetujui oleh CI. Kemudian dilakukan pengecekan tugas masing-masing anggota, kendala yang ada dihadapi langsung oleh penanggung jawab kegiatan.
2.    Tahap Pelaksanaan
                 Acara dilaksanakan hari Selasa,12 juli 2011 pada pukul 08300 WIB, dilaksanakan selama ± 1 Jam. Acara dimulai dengan penyuluhan tentang mencuci tangan yang benar kemudian di praktekkan langsung oleh presenter. Anak-anak TK mempraktekkan cara mencuci tangan yang benar.
3.    Evaluasi
       a.  Struktur
            -    Anak-anak  yang hadir sebanyak 80 murid yang terdiri dari murid TK .
            -    Setting tempat sudah sesuai dengan rencana yang telah dibuat dan perlengkapan yang digunakan selama penyuluhan (slide power point dan alat peraga), tersedia dan sudah digunakan sebagaimana mestinya.
            -    Peran mahasiswa sesuai dengan  perencanaan, presenter, penanggung jawab, moderator, observer dan fasilitator sesuai dengan perencanaan.
            -    Penggunaan bahasa sudah komunikatif dalam penyampaian, siswa-siswi cukup paham dengan apa yang disampaikan dan mahasiswa memfasilitasi murid selama jalannya penyuluhan.
       b.  Proses
                     Pelaksanaan kegiatan pukul 08.30 s.d 09.30 WIB sesuai dengan jadwal yang direncanakan. Anak-anak yang diberi penyuluhan mengikuti penyuluhan dari awal hinggga akhir.
       c.  Hasil
            1)  75 % siswa-siswi dapat menyebutkan tentang pengertian cuci tangan yang benar
            2)  75 % siswa-siswi dapat menyebutkan alasan mencuci tangan yang benar
            3)  50 % siswa-siswi dapat menyebutkan waktu mencuci tangan yang benar
            4)  50 % siswa-siswi dapat menyebutkan cara mencuci tangan yang benar
            5)  50 % siswa-siswi dapat menyebutkan penyakit yang dapat dicegah dengan cuci tangan yang benar
            6)  100 % mempraktekkan cara mencuci tangan yang benar

Tidak ada komentar: